Netizen Kecam Acara Dangdut di IPDN, Ini Klarifikasi Resminya

Netizen mengecam sebuah foto yang viral di media sosial. Foto tersebut menunjukkan para praja IPDN yang mengadakan acara halalbihalal di tengah kondisi yang sedang dilanda wabah pandemi Covid19. Terlebih acara tersebut terlihat seperti sedang mengadakan hura-hura, berjoget dengan penyanyi dangdut, seakan tidak peka terhadap kondisi yang sedang terjadi. Apalagi, para praja itu nantinya akan menjadi pemimpin daerah setelah lulus. 

Foto-foto tersebut awalnya beredar di grup Whatsapp yang kemudian menyebar begitu cepat di sosial media. Nampak foto lain yang beredar menampilkan sejumlah petinggi IPDN berbaju batik, tengah duduk dengan latar belakang para praja IPDN yang jumlahnya mencapai ribuan di sebuah gedung. 

Setelah foto-foto tersebut menjadi viral dan mendapat kecaman dari masyarakat, pihak IPDN akhirnya bersuara dan memberikan klarifikasinya. 

Klarifikasi Resmi IPDN

Dalam klarifikasi itu, pihak IPDN memberikan keterangan yang cukup mendetail mengenai acara yang digelar saat hari raya Idul Fitri tersebut. Melalui rilis resmi, pihak IPDN mengatakan jika acara tersebut memang digelar untuk memperingati hari raya Idul Fitri. 

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan jika saat ini ada sekitar 3700 lebih praja dan juga 200 lebih pegawai negeri sipil yang bertugas di IPDN. Sejak 15 Maret lalu, mereka menjalani karantina dengan tidak diperkenankan melakukan kegiatan keluar area IPDN. Protokol kesehatan dalam penanganan Covid19 pun diterapkan secara ketat. Sehingga pihaknya menyatakan tidak ada praja maupun pegawai yang melakukan mudik. 

Dalam rangka acara peringatan hari raya idul fitri

Sementara, pada tanggal 24 Mei kemarin pihak IPDN mengadakan acara peringatan hari raya Idul Fitri. Kegiatan dimulai dari sholat IED berjamaah yang diikuti 3.000 lebih praja beragama Islam. Namun sholat IED itu dilakukan di masing-masing wisma yang dihuni para praja. 

Kegiatan sholat IED itu dilaksanakan pukul 06.30 WIB, di mana imam dan khatib yang memimpin sholat berasal dari perwakilan praja yang menjadi anggota ROHIS IPDN. 

Selain itu juga ada acara makan bersama

Selanjutnya pada pukul 1 siang hari, digelar acara makan bersama para praja dan juga jajaran pimpinan IPDN. Acara makan bersama itu dilakukan di gedung Menza dan diikuti oleh 3.700 lebih praja IPDN. Tentunya, acara tersebut digelar dengan aturan ketat protokol pencegahan Covid19 dengan memakai masker dan mencuci tangan. 

Acara makan bersama tersebut juga diisi dengan tausiah yang penyampaiannya dilakukan oleh dosen IPDN. Berikutnya setelah acara tausiah selesai, baru dilaksanakan acara hiburan penampilan ajang kreativitas para praja IPDN dan juga musik dangdut. 

Pada acara gelaran musik dangdut itulah yang kemudian foto-fotonya beredar di masyarakat, dengan seolah-olah diadakan acara dangdut tanpa mengindahkan protokol pencegahan Covid19. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram