Pria Asal Brasil Hidup Dengan Tiga Buah Ginjal

Warga Brasil membuat geger dunia kesehatan dengan masalah kelainan genetika organ tubuh yang dia alami. Pria tersebut diketahui memiliki masalah kesehatan dengan ginjalnya. Jika manusia normal memiliki dua ginjal, pria Brasil itu memiliki tiga buah ginjal. 

Mengalami sakit pada bagian punggung

Awalnya pria asal Brasil itu memeriksakan kesehatannya ke seorang dokter karena mengeluh mengalami sakit pada bagian punggungnya. Untuk mengetahui apa penyebab rasa sakit pada punggung pria itu, dokter di rumah sakit Hospital do Rim lantas melakukan observasi menggunakan CT Scan. Area yang dikeluhkan sakit oleh pria tersebut dievaluasi. 

Hasil scan menunjukkan bahwa pria itu memiliki penyakit hernia sehingga membuat tulangnya bergeser. Hal ini merupakan keluhan umum yang banyak terjadi di mana bagian cakram seperti bantal yang berada di antara tulang belakang, mengalami pergeseran dari tempatnya semula. 

Namun tidak hanya masalah penyakit hernia yang membuat tulangnya bergeser yang menarik perhatian sang dokter. Akan tetapi dokter itu juga kaget setelah menyadari bahwa pria itu memiliki kelainan pada anatomi tubuhnya.

Memiliki 3 buah ginjal

Pria itu memiliki tiga buah ginjal, padahal pada umumnya manusia normal hanya ada dua buah ginjal. Satu ginjalnya berada pada posisi yang seharusnya, namun dua buah ginjal berhimpitan di sisi yang lainnya di daerah tulang panggul. 

Namun setelah diberikan sejumlah pertanyaan mengenai kelainan pada ginjalnya itu, pria tersebut selama ini tidak mengalami hal yang aneh, atau kesakitan pada daerah ginjalnya itu. Dokter pun menyebut jika ketiga ginjalnya itu bekerja secara normal, layaknya ginjal pada manusia normal. 

Pada umumnya, masing-masing ginjal akan terhubung pada kandung kemih melalui saluran tunggal yang bernama ureter. Pada kasus pria Brasil itu, salah satu ginjalnya memang terhubung dengan kandung kemih melalui ureter. Namun dua ginjal yang berhimpitan lainnya ureternya tersambung dengan ureter ginjal satunya sebelum terhubung dengan kandung kemih. 

Hanya kurang dari 100 orang yang pernah mengalami nya

Kasus pria Brasil yang memiliki tiga buah ginjal itu merupakan kasus langka dalam dunia kedokteran. Selama ini dilaporkan kurang dari 100 kasus di mana seseorang bisa memiliki tiga buah ginjal. Pada tahun 2013 silam, juga pernah dilaporkan kasus yang sama. 

Kemungkinan bisa terjadi seseorang memiliki tiga buah ginjal adalah ketika proses perkembangan saat menjadi embrio. Kemungkinan itu terjadi ketika struktur yang biasanya membentuk hanya satu ginjal, terbelah menjadi dua. 

Kasus ini biasanya tidak disertai dengan gejala atau penyakit tertentu. Sehingga mereka yang memiliki kelainan tiga buah ginjal ini tidak akan mengetahui sebelum dilakukan tindakan medis lebih lanjut. 

Tidak perlu ada tindakan medis

Sementara kembali pada kasus pria di Brasil itu, dokter menyebut tidak perlu ada tindakan medis terhadap ketiga ginjalnya itu. Sebab semuanya bekerja dengan normal sesuai organ manusia pada umumnya. Dokter hanya memberikan pereda nyeri, untuk mengatasi keluhan penyakit hernia pria tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram