Uniknya Pernikahan Virtual Digelar Di Saat Wabah Pandemi

Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan tingkat penyebaran wabah virus Corona. Dampaknya, hampir seluruh kegiatan khususnya yang melibatkan banyak orang atau memicu kerumunan untuk ditiadakan. Atau setidaknya, dilakukan secara terbatas. Tak terkecuali kegiatan ibadah ataupun juga acara resepsi pernikahan. 

Akibat PSBB, banyak pengalihan dengan teknologi digital

Untuk mengatasi pembatasan sosial ini pun, masyarakat mengalihkan berbagai kegiatan pertemuan dengan menggunakan teknologi digital. Pertemuan dilakukan secara online. Hal inilah yang menginspirasi pasangan yang hendak melangsungkan acara resepsi pernikahannya. Alih-alih membatalkan acara karena terkendala aturan PSBB itu, mereka melakukan resepsinya secara virtual. Diketahui, pernikahan virtual itu dilakukan di sebuah daerah di Yogyakarta.

Pernikahan virtual

Kedua mempelai itu melaksanakan resepsi pernikahan secara virtual agar para tamu undangan tetap bisa menyaksikan acara sakral itu berlangsung, tanpa harus datang ke lokasi acara. Video pernikahan virtual itu lantas diunggah ke halaman Twitter oleh akun @goenrock. Tak pelak, video pernikahan secara virtual itu menarik perhatian netizen dan langsung saja viral. 

Dalam video pernikahan virtual tersebut, acara sakral itu dilangsungkan di sebuah gedung yang cukup luas. Sekeliling area acara pernikahan itu ditutupi oleh green screen atau layar hijau. Nantinya, green screen itu akan diedit, dan diganti dengan gambar suasana pernikahan seperti pada umumnya. Tempat pelaminan pun juga disediakan sedemikian rupa dengan beberapa hiasan bunga.

Tamu pun virtual

Acara akad nikah dihadiri kedua pihak keluarga mempelai, namun tentunya dengan memakai masker sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Proses berjalan dengan penuh khidmat. Usai melaksanakan akad nikah, keduanya pun menyambut para tamu undangan yang hadir, tentunya secara virtual. Lucunya, para tamu undangan yang menyaksikan acara itu juga ditampilkan sedang di depan kamera di dalam rumah mereka. Beberapa malah memakai pakaian sehari-hari, bukan pakaian kondangan. 

Dalam postingan tersebut juga ditampilkan proses di balik layar acara pernikahan virtual tersebut. Bagaimana tim make up bekerja, dan tentunya para kru yang bertugas melakukan editing dan memastikan semuanya berjalan lancar, sehingga pernikahan itu nampak seperti pernikahan pada umumnya. 

Tanggapan netizen pun cukup beragam mengomentari pernikahan virtual tersebut. Kebanyakan dari mereka memuji konsep acara pernikahan virtual itu. Mereka merasa tidak percaya kalau acara seperti itu bisa dilakukan secara online. Hingga saat ini, video pernikahan virtual itu pun telah dibanjiri lebih dari 3000 komentar di dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram