Misteri Goa Angker yang Berada di Dekat Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Indonesia dan pantai pangandaran menjadi pantai paling populer di Jawa Barat. Secara geografi, pantai pangandaran saling berhadapan dengan samudera hindia. Tak hanya soal keindahan alamnya, pantai pangandaran banyak menyimpan cerita misteri yang berkembang di masyarakat.

Pantai pangandaran disebut sebagai salah satu pantai persinggahan ratu pantai selatan, tak heran banyak yang menganggap bahwa pantai pangandaran terbilang angker. Cerita tentang nyi roro kidul memang sangat melegenda dan banyak mempengaruhi pola hidup masyarakat yang tinggal di sekitaran pantai pangandaran.

Legenda Pantai Pangandaran

Ketika membahas mengenai legenda nyi roro kidul memang sangatlah panjang, karena asal-usul nyi roro kidul masih menjadi misteri yang belum bisa dibuktikan secara logika. Meskipun pangandaran hanya sebagai tempat singgah nyi roro kidul, namun dampak misterinya masih terasa sampai sekarang dan cerita yang berkembang di masyarakat sangatlah variatif.

Dalam sejarahnya disebutkan bahwa jaman dulu raja padjajaran memiliki seorang istri simpanan dan pada suatu hari istri simpanan itu mengakui kalo dirinya sedang mengandung seorang bayi. Mendengar kabar tersebut, sang raja malah murka dan menyuruh anak buahnya untuk menyingkirkan wanita itu, kamudian wanita itu dibuang ke tengah hutan belantara.

Wanita yang dibuang sangatlah tersiksa berada di tengah hutan dan suatu hari wanita itu bertemu dengan seorang pengawal penguasa pantai selatan. Suatu hari wanita itu dijadikan anak angkat oleh ratu pantai selatan dan diajarkan berbagai ilmu gaib untuk menambah kesaktiannya. Tak lama setelahnya, wanita itu menjadi pewaris tahta ratu pantai selatan.

Setelah menjabat sebagai nyi roro kidul, wanita itu tetap menyimpan dendam terhadap raja padjajaran. Berkat rasa dendam yang besar, maka nyi roro kidul memakan korban disekitaran pantai pangandaran. Ada yang di tenggelamkan atau diseret dengan ombak dan berdasarkan fakta dari seluruh kejadian, kebanyakan korban pantai pangandaran adalah masyarakat jawa barat.

Misteri Goa di Dekat Pantai Pangandaran

Pangandaran memiliki beberapa goa yang di anggap misterius dan di salah satu goa, banyak masyarakat yang percaya bahwa didalamnya ada makam anak buah nyi roro kidul yang disebut dengan embah jaga lautan. Dalam ceritanya, embah jaga lautan memiliki 7 orang istri yang semuanya tidak pernah akur dan tidak pernah hidup damai.

Pada suatu hari, embah jaga lautan pergi ke pinggir pantai untuk memancing ikan dan akhirnya ikanpun di dapat dengan baik. Setelah mendapatkan ikan, embah memperoleh petunjuk dari nyi roro kidul untuk memberikan 7 istrinya makan ikan yang ditangkapnya dan setelah ke 7 istrinya makan ikan hasil tangkapannya, semuanya dapat hidup dengan rukun.

Ketika mengetahui keberhasilannya membuat ke 7 istrinya rukun, embah jaga lautan melakukan semedi dalam sebuah gua dengan waktu yang lama. Saking lamanya embah melakukan semedi, ke 7 istrinya cemas dan menyusulnya ke gua. Saat ditemukan di gua, hanyalah tinggal jasad embah jaga lautan yang ada dan ke 7 istrinyapun memutuskan untuk memakamkan embah jaga lautan di gua dekat pantai pangandaran.

Kisah menghilangnya raga embah jaga lautan menjadi sebuah misteri yang dipercaya oleh masyarakat sekitar pantai pangandaran dan banyak masyarakat yang menganggap bahwa gua di dekat pangandaran sangatlah sakral, sehingga perlu untuk dihargai kelestariannya.

Sekian ulasan lengkap mengenai misteri goa angker yang berada di dekat pantai pangandaran dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram