Heboh Bayi Kembar 6 Lahir di Prancis

Dibantu kurang lebih 30 orang tenaga medis, seorang perempuan di Prancis melahirkan enam bayi kembar. Perempuan keturunan Yahudi tersebut, dikaruniai 5 anak perempuan dan 1 anak laki-laki. Proses kelahiran itu berjalan cukup lancar, meski semuanya lahir secara prematur. Perempuan tersebut ternyata sebelumnya sudah memiliki dua orang anak, jadi total anaknya sekarang menjadi 8 orang. 

terlahir secara prematur

Meski bayi-bayi itu terlahir secara prematur, para petugas medis yang membantu proses kelahiran mengaku tidak mengalami masalah yang serius. Proses kelahirannya pun berlangsung cukup cepat, melalui operasi sesar dan membutuhkan waktu hanya sekitar 4 menit. Perempuan tersebut menjalani proses kelahiran di rumah sakit Strasbourg-Haute Pierre pada hari kamis, 14 Mei 2020 pukul 9 malam.

lahir pada saat usia kandungan masih 24 minggu

Perempuan tersebut melahirkan enam bayi di saat usia kandungannya itu masih 24 minggu. Usai menjalani proses kelahiran, keenam bayi tersebut langsung mendapat tindakan medis lebih lanjut di ruang ICU khusus. Dengan kondisi spesial tersebut, diperkirakan mereka semua akan menjalani perawatan yang intensif di rumah sakit selama beberapa bulan kedepan. 

Hanya memiliki berat 0.6 Kilogram

Bayi-bayi tersebut lahir hanya dengan berat rata-rata sekitar 0,6 kilogram. Berat sebesar itu bagi kelahiran prematur, bisa dianggap ukuran yang cukup besar daripada bayi prematur kebanyakan. Pihak rumah sakit Strasbourg-Hautepierre mengaku, peristiwa kelahiran enam bayi kembar ini merupakan peristiwa yang sangat langka. 

Selama proses kelahiran itu, para dokter dan petugas medis mengaku sangat ekstra berhati-hati dalam menjalankan operasi sesar. Dibutuhkan tindakan dari petugas yang benar-benar ahli serta sangat berpengalaman, dan beruntungnya petugas medis di rumah sakit Strasbourg-Haute Pierre mampu menjawab tantangan itu. Belum lagi, peristiwa kelahiran ini terjadi di kala pandemi Covid19 sedang mewabah. Tentunya usaha yang dikeluarkan jauh lebih banyak daripada saat kondisi normal.

Menjadi salah satu peristiwa kelahiran yang langka

Peristiwa kelahiran langka dengan enam bayi kembar ini sebelumnya juga pernah terjadi di negara Prancis. Pada 30 tahun silam, tahun 1988 seorang perempuan di daerah Normandy juga mengalami kelahiran 6 bayi kembar. Kasus kelahiran enam bayi kembar sebelumnya terjadi pada satu tahun lalu, di Krakow, Polandia. 

Sementara kasus kelahiran bayi kembar terbanyak yang pernah tercatat pernah terjadi yakni sebanyak sembilan bayi kembar. Peristiwa itu diketahui terjadi dua kali. Peristiwa bayi kembar sembilan pertama kali tercatat pada 13 Juni 1971 di Sidney, Australia. Kasus kedua terjadi pada 26 Maret 1999 di Malaysia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram