Suka Voli? Inilah Sejarah Bola Voli yang Wajib Diketahui

Bola voli adalah salah satu permainan populer yang dimainkan oleh 2 grup berlawanan dan bola voli beranggotakan 6 orang per tim. Bola voli sangatlah mengandalkan kecerdasan dalam memainkan tangan dan keberanian menjadi faktor penting dalam bola voli. Permainan bola voli menggunakan bola yang dirancang khusus, agar bisa aman untuk berkenaan dengan tangan.

Variasi bola voli yang paling populer adalah voli pantai dan jumlah pemain tiap timnya hanyalah 2 orang, permainan ini biasanya dilangsungkan di area pasir pantai. Federation Internationale de Volleyball atau FIVB adalah organisasi internasional yang membawahi olahraga bola voli dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI adalah organisasi yang membawahi olahraga bola voli di Indonesia.

Sejarah Bola Voli

William G. Morgan adalah seorang instruktur pendidikan jasmani yang pertama kali memperkenalkan olahraga Mintonette pada 9 Februari 1895 di Holyokedan Massachusetts, Amerika Serikat. Young Men’s Christian Association atau YMCA adalah sebuah organisasi keagamaan kristen yang mulai berdiri pada 6 juni 1884 dan pendirinya adalah William G. Morgan.

William G. Morgan melakukan pertemuan dengan James Naismith yang merupakan seorang pencipta olahraga basket, setelah pertemuan itu William G. Morgan menciptakan olahraga baru dengan nama Mintonette. Proses penciptaan olahraga basket hanya berbeda 4 tahun dengan penciptaan olahraga Mintonette. Penciptaan olahraga Mintonette dihasilkan dari berbagai kombinasi kegiatan olahraga lainnya.

Mintonette menggabungkan beberapa karakter olahraga jenis lain seperti baseball, tenis, handball dan bola basket. Awal mula penciptaan Mintonette hanya untuk orang dewasa di YMCA, sehingga permainannya tidak terlalu agresif seperti bola basket.

Pada tahun 1896, olahraga Mintonette diubah namanya menjadi olahraga bola voli atau vollyball dan perkenalan bola voli dimulai dengan pertandingan YMCA training school. Pada saat itu, Dr. Luther Halsey Gulick mengundang William G. Morgan untuk melakukan demontrasi permainan bola voli dan pada saat itu Morgan membawa 2 tim dengan anggota 5 orang per tim.

William G. Morgan menjelaskan bahwa permainan bola voli adalah permainan yang bisa dilakukan di dalam sebuah ruangan atau di luar dan permainan ini juga dimainkan dengan mengandalkan kekompakkan tim. Tujuan dari permainan bola voli adalah mempertahankan bola agar bisa bergerak melintasi net dan berusaha memasukan bola ke wilayah permainan lawan.

Sarana dan Prasarana Bola Voli

Bola voli memiliki ukuran lapangan dengan panjang 18 meter dan lebarnya 9 meter. Untuk garis batas serang pemain belakang berjaran 3 meter yang diukur dari garis tengah dan garis tepi lapangan permainan bola voli adalah 5 meter. Garis bola voli bisa dibuat dengan berbagai media seperti cat, kayu atau lakban.

Bola dalam permainan voli memiliki lingkaran sekitar 67 cm dan memiliki berat sekitar 280 gram. Bahan pembuatan bola voli sangat aman berkenaan langsung dengan tangan. Voli juga menggunakan net dengan tinggi 2,43 meter untuk pria dan 2,24 meter untuk wanita. Secara umum bola voli bisa dimainkan oleh wanita atau pria dengan aturan yang hampir sama, hanya berbeda dari segi ketinggian net.

Setiap tim berlomba-lomba untuk terlebih dulu mencapai angka 25. Dalam sebuah tim bola voli akan terdiri dari tosser, spiker, defender dan libero. Tosser adalah pemain yang mengatur jalannya umpan dan mengatur variasi bola untuk menyerang. Semuaanggota tim harus bisa bekerja sama dengan baik, agar bisa memenangkan pertandingan.

Demikian ulasan lengkap mengenai Sejarah Bola Voli dan semoga semua isi artikelnya bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram