Segita Masalembo, Segitiga Bermuda-nya Indonesia yang Penuh Misteri dan Banyak Memakan Korban

Semua orang pasti sudah tahu bahwa segitiga bermuda adalah tempat angker dan menakutkan. Di tempat itu banyak pesawat dan kapal jatuh di tempat itu dan tak pernah ditemukan. Tapi ternyata Indonesia pun memiliki tempat seperti itu dan bernama Masalembo.

Bisa dibilang ini bukanlah sekedar imitasi saja karena faktanya daerah ini sangat angker dan menakutkan bagi para pilot atau pelaut. Hal ini karena daerah ini sudah banyak makan korban dan sudah sejak dahulu banyak mitos mengerikan di tempat ini. Lalu seperti apa misteri dari daerah Segitiga Masalembo? Silahkan simak ulasan berikut.

Lokasi Segitiga Masalembo

Segitiga Masalembo sebenarnya adalah daerah imajiner berbentuk segitiga sama seperti segitiga bermuda. Masalembo memiliki sudut di tiga daerah yakni Majene (Sulbar), Bawean (Gresik), dan Kepulauan Tengah di Laut Jawa. Sedangkan nama Masalembo sendiri adalah pulau kecil yang masuk di Wilayah Kabupaten Sumenep Madura.

Karena berupa lautan luas dan menjadi jalur transportasi utama, wajar bila daerah ini selalu ramai menjadi lintasan transportasi. Namun begitu daerah ini juga seringkali menjadi tempat dimana pesawat jatuh dan kapal tenggelam yang terkadang sulit dijelaskan penyebabnya.

Banyaknya Kecelakaan Kapal dan Pesawat

Segitiga Masalembo memang sudah sejak dulu terkenal seram karena banyaknya kapal dan pesawat mengalami kecelakaan dan tidak ditemukan korbannya. Kecelakaan Kapal Tampomas II pada 27 Januari 1981 dan jatuhnya pesawat Adam Air pada 1 Januari 2007 adalah yang paling terkenal.

Dari beberapa kecelakaan di atas masing – masing memiliki kesamaan yakni adanya misteri yang melingkupi kecelakaan tersebut. Belum lagi berbagai kecelakaan lain dan sering terjadi di wilayah ini sehingga menjadikan Masalembo lautan angker di Indonesia. Banyak hal yang tidak bisa terpecahkan mengenai banyaknya kecelakaan di daerah ini.

Kesan Mistis dan Menakutkan Bagi Pelayar dan Pilot

Dengan jatuhnya banyak korban baik pesawat maupun kapal tentu menimbulkan kesan menakutkan bagi setiap orang yang hendak melakukan perjalanan. Tentu bagi pelaut handal dan pilot profesional hal ini bisa diatasi dengan keterampilan yang handal. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan karena hal – hal yang tidak masuk akal.

Mitos Masalembo Yang Kuat Terhadap Makhluk Astral

Dari berbagai kecelakaan di Segitiga Masalembo, hal yang paling sering dibicarakan adalah mengenai adanya makhluk astral atau jin di daerah tersebut. Bagi kepercayaan warga setempat, Masalembo adalah salah satu kerajaan makhluk halus yang sangat menakutkan untuk dimasuki.

Dari informasi tersebut seringkali orang melihat berbagai penampakan mulai dari arwah, ular laut rakasasa, bahkan naga. Bahkan seringkali Makhluk Halus meminta ‘jatah’ sebelum akan dilakukan pelayaran sehingga banyak pelaut yang harus melakukan ritual dengan menyerahkan sesaji.

Penjelasan Ilmiah Mengenai Masalembo

Meski banyak hal – hal berbau mistis, sebenarnya fenomena perairan Masalembo bisa dijelaskan secara ilmiah. Daerah tersebut sebenarnya adalah titik temu antara arus Laut Jawa di sebelah barat dengan selat makassar di sebelah utara yang berarus kencang. Hal ini juga terjadi rutin terjadi pada bulan Desember-Januari atau Juli-Agustus yang kita tahu bahwa kecelakaan terjadi di waktu tersebut.

Selain itu Masalembo adalah daerah dengan Air Pocket atau ruang udara dengan kecepatan tinggi. Adanya ruang udara berkecepatan tinggi ini memungkinkan pesawat bahkan kapal tersedot masuk ke dalam lautan. Walau sudah ada penjelasan ilmiah dari hal ini, tetap saja kesan angker tetap ada karena banyaknya korban yang ada di daerah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram