Pulau Hashima, Pulau Hantu Jepang Penuh Misteri

Jepang memang terkenal dengan pesona alam, budaya serta teknologi canggih yang banyak mengundang decak kagum orang banyak. Tapi jarang ada yang tahu bahwa Jepang juga menyimpan segudang misteri bahkan sesuatu yang angker dan bernuansa hantu. Di sebuah pulau yang kini tak berpenghuni, Hashima anda bisa melihat sisi mistis dan angker sehingga banyak membuat orang penasaran.

Lalu bagaimana profil dari pulau yang satu ini, silahkan simak ulasan berikut ini.

Lokasi dan Sejarah Pulau Hashima

Berada di prefektur Nagasaki, Pulau Hashima atau dikenal juga sebagai Pulau Gunkajima merupakan pulau tidak berpenghuni. Dahulu pulau ini di tahun 50an menjadikan pulau ini sebuah tambang batubara dasar laut yang diisi oleh ribuan pekerja laki – laki. Tambang yang dikelola mitsubishi ini berpopulasi mencapai 5259 pada tahun 1959.

Namun pada tahun 60an oleh pemerintah Jepang yang mengganti batubara dengan minyak bumi sebagai energi, maka otomatis pulau ini dikosongkan dan berhenti beroperasi. Secara resmi pulau ini ditutup dan dikosongkan pada tahun 1974 oleh para pekerjanya. Namun sejak hari itu muncul cerita seram karena banyak isu mengenai kematian, pembunuhan, dan berubah menjadi pulau hantu.

Isu Kerja Paksa dan Kematian Pekerja

Banyak isu beredar selama pulau ini beroperasi dan yang paling santer adalah tentang kerja paksa. Kerja paksa yang terjadi didominasi oleh pekerja Korea dan karena hal ini sekitar 4 dari lima pekerja bisa tewas setiap bulan. Hal ini tak lepas dari prosedur K3 di pulau ini yang tidak baik.

Selain itu kematian pekerja juga tak lepas dari kepadatan penduduk dan fasilitas yang tidak layak. Bahkan kasus pembunuhan juga marak di kota ini dan membuat kesan seram semakin terasa.

Banyaknya Kasus Pembunuhan

Seperti poin sebelumnya, pulau ini diklaim pada masanya memiliki banyak kasus pembunuhan yang marak terjadi. Hal ini konon dirasakan oleh para pengunjung / turis yang datang ke pulau tersebut yang seringkali ditandai dengan penampakan arwah penasaran korban pembunuhan tersebut.

Angkernya Stairway to Hell

Dari beberapa objek yang dibuka untuk dikunjungi, nama Stairway to Hell bisa jadi adalah tempat yang paling seram di Pulau Hashima. Tempat ini adalah sebuah tangga tua yang memasukkan orang ke dalam kegelapan tambang. Kesan angker sangat terasa karena seringkali ada suara mistis, penampakan, dan hal angker lainnya.

Stairway to Hell sangat menakutkan sehingga jarang sekali wisatawan asing atau lokal mau datang ke tempat itu saat malam hari. Meski begitu beberapa bangunan dan blok di pulau ini yang tak kalah seram dari Stairway to Hell.

Tempat Uji Nyali ‘Terbaik’ di Jepang

Karena keunikan dan tingkat keangkeran yang cukup kuat, Pulau Hashima sangat menarik bagi sebagian orang yang suka wisata ekstrim. Banyak orang datang kemari untuk sekedar mencari hantu atau bahkan beruji nyali dengan mencoba berinteraksi dengan arwah penasaran. Meski begitu, tempat yang dijadikan warisan budaya UNESCO pada 2015 ini sudah cukup seram bagi semua orang.

Bila anda tertarik datang ke Pulau Hashima, sebaiknya siapkan jadwal anda serta fisik untuk bisa menghadapi angkernya pulau ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram