Apa Itu Covid-19? Beginilah Sejarah Perkembangan Covid-19 yang Menguncang Seluruh Dunia

Dunia memang sangat diguncang dengan keberadaan virus mematikan seperti corona. Semua aktivitas kehidupan manusia banyak terhenti dan berbagai fenomena sosial muncul di berbagai belahan dunia. Masyarakat Indonesia dihimbau untuk terus berada di rumah dan memperkecil volume silarurahmi secara langsung. Jaga jarak harus dilakukan antar manusia, karena corona bisa menular dengan sebuah sentuhan yang simpel.

Kegiatan sosial ditingkatkan untuk menghasilkan pemerataan di semua lapisan masyarakat, karena dampak ekonomi sangat terasa di masyarakat kecil. Banyak karyawan yang terkena PHK, karena penghasilan perusahaan menurun drastis dan semua sekolah diliburkan untuk mencegah penyebaran virus corona, agar tidak semakin meluas.

Sekilas Tentang Virus Corona

Virus corona atau cov adalah keluarga besar dari virus yang sangat berbahaya, karena bisa menginfeksi manusia dengan sangat cepat. Tak hanya manusia, mamalia dan burung juga mudah tertular dengan virus corona. Berdasarkan keterangan dari World Health Organization atau WHO menyebutkan bahwa virus corona bisa menimbulkan gejala flu hingga infeksi pernapasan.

Virus corona juga menjadi virus yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia atau disebut dengan istilah zoonosis. Penyakit zoonosis yang lebih dulu muncul adalah malaria dan rabies. Bahayanya virus corona memang harus dicegah dengan baik, karena sistem penularan corona bisa berlangsung cepat dan tidak terlihat proses penularannya.

Para ilmuan telah mengidentifikasi virus corona sejak lama. Virus corona bisa menular ke berbagai jenis hewan ternak yang ada di lingkungan dan hewan bisa menularkan virus dengan cepat. Hewan ternak yang mudah tertular dengan virus corona seperti anjing dengan kucing. Untuk mencegah penularan virus corona bisa dilakukan dengan menjaga jarak dengan hewan ternak dan jangan bersentuhan secara langsung.

Virus corona juga menjadi keluarga dengan berbagai virus mematikan lainnya seperti Severe Acute Respiratory Syndrome atau Sars yang muncul di tahun 2002 sampai 2003 dan Middle East Respiratory Syndrome atau Mers pada tahun 2015. Covid 19 adalah salah satu wabah mematikan yang sangat menakutkan, karena sudah memakan banyak korban.

Pengambilan nama corona berasal dari bahasa latin yang memiliki arti mahkota, karana virus corona disebutkan memiliki sebuah paku yang bentuknya menonjol. Virus coron pertama kali diteliti dan diisolasi pada tahun 1937. Hasil virus corona yang di isolasi menumbulkan penyakit bronkitis yang bisa menular dengan cepat pada unggas.

Sejarah Covid-19

Covid-19 menjadi virus yang menguncang berbagai belahan dunia. Covid-19 pertama kali muncul pada akhir Desember 2019 di kota Wuhan, China. Setelah dilakukan penelitian panjang, ternyata kebanyakan masyarakat China terinfeksi setelah berkunjung ke pasar basah makanan laut. Covid-19 memang sangat sulit dideteksi, karena bentuknya kecil.

Setelah diketahui bahwa pasar basah makanan laut banyak menularkan covid-19, kemudian pasarpun di tutup secara total. Setelah dilakukan penelitian, kelelawar menjadi sumber munculnya covid 19 dan kelelawar menjadi makanan yang dikonsumsi di Wuhan. Penularan covid-19 memang sangatlah cepat dan bisa menular ke siapa saja.

Kelelawar juga memiliki kemungkinan menularkan covid-19 ke berbagai hewan peralihan seperti trenggiling, karena trenggiling diracik menjadi berbagai jenis makanan dan dikonsumsi langsung oleh kebanyakan warga wuhan. Covid-19 menjadi virus yang berbahaya apabila menular kepada orang yang memiliki riwayat penyakit kronis lain seperti jantung dan diabetes.

Demikian ulasan lengkap mengenai sejarah covid-19 dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram