Sejarah Perkembangan Sepakbola di Dunia

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga terbesar yang memiliki jumlah penggemar berlimpah dan sepakbola bisa dimainkan oleh semua usia. Umumnya sepakbola dilakukan oleh 2 tim yang berbeda dan masing-masing tim beranggotakan 11 orang, namun ada juga beberapa pemain cadangan. Tujuan permainan sepakbola adalah untuk mencetak gol ke gawang lawan dan tim yang mencetak banyak gol adalah tim yang memenangkan pertandingan.

Dalam permainan sepakbola, hanyalah penjaga gawang yang boleh menangkap bola dengan tangan dan penangkapan bola hanya boleh dilakukan di kota area gawang. Pemain belakang bertugas untuk menghalanggi lawan, agar tidak bisa cetak gol dan pemain tengah bertugas sebagai penyeimbang di lapangan tengah. Sedangkan penyerang bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan dan memanfaatkan berbagai peluang di depan gawang lawan.

Sejarah Sepakbola Dunia

Sepakbola memang sudah dikenal sejak abad ke 2 sebelum masehi di negra Tiongkok dan awalnya sepakbola dilakukan dengan mengiring bola kulit hingga menendangnya ke sebuah jaring berukuran kecil. Permainan yang hampir sama juga dimainkan di negara Jepang yang disebut dengan kemari dan sejak saat itu perkembangan sepakbola sangatlah pesat.

Sejak abad ke 16, kegiatan menendang dan menggiring bola mulai populer di negara Italia. Perkembangan sepakbola berlanjut ke tanah Inggris dengan menerapkan berbagai aturan dasar, sehingga sepakbola memiliki banyak penyuka. Ada berbagai pertandingan sepakbola yang dijalankan dengan penuh kekerasan dan tindakan tidak sportif.

Pada tahun 1365 raja Edward III melarang pertandingan, karena takut munculnya berbagai tindak kekerasan dan raja Skotlandia pada saat itu yaitu raja James I ikut menyetujui pelarangan penyelenggaraan sepakbola.

Mulai tahun 1815, sepakbola mengalami perkembangan yang sangat pesat dan mulai populer di lingkungan sekolah beserta lingkungan universitas.

Freemasons Tavern pada tahun 1863 melakukan perumusan aturan baku dalam olahraga sepakbola dan sejak saat itu ada pemisahan yang jelas antara sepakbola dengan olahraga rugby.

Sejak tahun 1869 membawa bola menggunakan tangan mulai dilarang dalam olahraga sepakbola dan hanya diperbolehkan dalam olahraga rugby.

Sejak tahun 1800-an, sepak bola mulai dibawa oleh para pedagang dan tentara inggris ke berbagai negara lainnya. Sekitar tahun 1904 sejarahpun tercipta, karena sejak saat itu organisasi sepakbola dunia yaitu fifa mulai dibentuk.

Sejak tahun 1900-an, sepak bola mulai dipertandingkan di berbagai negara dan memiliki respon yang baik dari kebanyakan penduduk dunia.

Sejarah Sepakbola Indonesia

Awal mula hadirnya sepakbola di Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi persatuan sepakbola Indonesia atau PSSI, dan pengukuhan PSSI dilakukan pada 19 april 1930 di Yogyakarta dibawah pimpinan Soeratin Sosrosoegondo.

Dengan perkembangannya, dalam kongres yang dilakukan di Solo, persatuan sepakbola Indonesia diubah namanya menjadi persatuan sepakbola seluruh Indonesia.

Sejak kongres di Solo, PSSI mulai menyelenggarakan banyak kegiatan sepakbola dan awalnya kompetisi dilakukan di berbagai jalan atau di berbagai alun-alun. Paku Buwono X mulai mendirikan stadion sriwedari untuk mendukung perkembangan sepakbola di Indonesia dan semenjak adanya stadion sriwedari, sepakbola Indonesia berkembang dengan sangat pesat.

Setelah Soeratin Sosrosoegondo tidak memimpin PSSI lagi, sepakbola Indonesia mulai mengalami penurunan dan pembinaan tidak seimbang dengan kompetisi yang diselenggarakan. Sejak tahun 1970, beberapa pemain Indonesia berhasil bersaing dengan dunia internasional dan sejak saat itu mulai bermunculan berbagai kompetisi profesional di Indonesia.

Itulah ulasan lengkap mengenai sejarah perkembangan sepakbola di dunia dan semoga bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram