Corona Masih Akan Bertahan 2 Tahun ke Depan

Seluruh belahan dunia sedang mengalami dampak yang cukup serius dalam setiap lini kehidupan karena adanya pandemi virus Covid-19, terkhususnya negara kita Indonesia ini. Sejak awal Maret, kasus virus corona ini terkonfirmasi sudah masuk ke Indonesia dan membuat pemerintah harus mencanangkan berbagai peraturan yang membatasi aktivitas masyarakat dalam kegiatan sehari-harinya.

Adanya kasus korona ini memang sangat dirasakan terutama dalam bidang kesehatan dan ekonomi. Banyak pekerja yang harus di PHK oleh kebijakan berbagai perusahaan dan para pemilik UMKM pun kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Pusat pembelanjaan juga menjadi ramai diserbu oleh para masyarakat saat awal terjadinya kasus ini.

Sudah sekitar dua bulan berlalu hingga pertengahan Mei saat ini virus corona merajalela di Indonesia. Berbagai cara coba dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah ini tapi hasilnya tetap nihil. Corona masih terus melonjak di negri kita tercinta ini. Para ahli juga bekerja siang dan malam untuk mencari vaksin yang bisa memusnahkan corona ini.

Sampai pada 18 Mei 2020 kemarin ada sebuah berita yang mengabarkan bahwa vaksin Covid-19 sudah ditemukan. Apakah vaksin yang selama ini dicari benar sudah ditemukan? Apakah benar ini menjadi akhir dari semua penderitaan yang diakibatkan oleh corona?

Perusahaan bioteknologi asal negri Paman Sam, Moderna mengumumkan kabar berita yang menghebohkan banyak orang. Pasalnya, dalam berita tersebut, dikabarkan bahwa vaksin virus Covid-19 telah ditemukan dan dapat menyembuhkan banyak orang. Berita ini tentu saja melegakan banyak orang karena semua hal buruk yang selama ini bisa lenyap dan dunia kembali membaik perlahan-lahan.

Moderna menyatakan berdasarkan hasil penelitian bahwa vaksin yang di uji coba telah berhasil. Vaksin tersebut diambil dari antibodi orang yang pernah tertular virus Covid-19 namun kemudian berhasil sembuh. Namun tentu saja ini masih dalam tahap pengembangan tingkat akhir yang artinya vaksin belum bisa disebarkan dalam jangka waktu yang cepat karena butuh proses yang panjang dalam melakukan finalisasi (tahap akhir) pada vaksin Covid-19 tersebut.

Tapi ada pula kabar yang berkebalikan dengan penemuan vaksin Covid-19 yaitu pernyataan bahwa sebenarnya virus Corona masih akan bertahan selama beberapa tahun dan sekurang-kurang nya masih akan terus ada selama 2 tahun ke depan. Bagaimana tidak? Virus corona adalah salah satu jenis virus yang berevolusi dengan sangat cepat, jadi sangat susah untuk melakukan pencegahannya.

Awalnya dikatakan bahwa virus corona tidak bisa menginfeksi orang yang sudah sembuh total dari virus tersebut. Tetapi ternyata beberapa orang yang sudah sembuh di Wuhan, China akhirnya tertular kembali oleh virus yang menakutkan ini. Hal ini menunjukkan bahwa virus ini terus berkembang setiap harinya.

Selain itu, ada alasan kuat lainnya yang menyebabkan Covid-19 masih akan terus bertahan selama 2 tahun yaitu kegiatan sosial masyarakat. Setiap hari, banyak orang terus melakukan aktivitas sosial yaitu bepergian ke berbagai tempat umum untuk kepentingan tertentu. Di sini lah sarana paling cepat bagi si virus untuk menyebar dari satu individu lain. Dengan penyebaran yang massive ini, peningkatan korban terkena corona pasti akan terus bertambah setiap harinya. Apa lagi banyak masyarakat yang bandel dengan menyepelekan pentingnya memakai masker dan cuci tangan.

Kita hanya bisa berharap semoga pandemic Covid-19 segera berakhir dan dunia kembali pulih seperti biasanya. Jangan lupa untuk terus mengikuti aturan para ahli kesehatan untuk kebaikan bersama ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram