Beberapa Arti Bendera MotoGP yang Perlu Anda Ketahui

MotoGP merupakan salah satu olahraga balap motor paling populer yang biasanya disaksikan banyak orang, baik secara langsung atau hanya lewat televisi. Ternyata MotoGP bukan hanya soal balapan namun di dalamnya ada beberapa hal penting, salah satunya adalah mengenai bendera.

Bisa dibilang walau kecil keberadaan bendera di MotoGP tidak bisa dilakukan sembarangan dan ada jenis dan warna bendera yang harus dipahami. Jika saja melanggar aturan dari bendera ini, bukan tidak mungkin hukuman atau konsekuensi besar yang dihadapi.

Lalu apa saja jenis bendera yang biasa di MotoGP? Silahkan simak ulasan berikut

Arti Bendera yang Ada di MotoGP

Bendera Hijau

Bendera hijau menggambarkan kondisi aman dari sebuah lintasan balap, biasanya bendera ini dikibarkan saat practice atau warm up lap. Bendera ini juga dikibarkan apabila kondisi trek sudah membaik pasca hujan atau kecelakaan sebelumnya.

Bendera Kuning

Bendera kuning menunjukkan kepada rider MotoGP peringatan akan bahaya yang sedang terjadi atau akan terjadi. Biasanya rider diminta untuk melambat atau tidak melanjutkan balapan di lap berikutnya. Kondisi ini lumrah terjadi saat kondisi lintasan akan hujan dan rider harus kembali ke pitstop untuk ganti motor.

Bendera Merah

Bendera merah (Red Flag) menginstruksikan rider untuk kembali ke pit dan tidak balapan karena kejadian serius di lintasan. Biasanya hal ini terjadi ketika ada hujan lebat atau kecelakaan beruntun.

Bendera Biru

Bendera ini memberi tanda pada rider bahwa dia harus memberi jalan kepada rider untuk memberi jalan rider dibelakangnya karena kondisi overlap. Hal ini supaya rider di posisi depan bisa menyalip dengan lancar dan tidak mengganggu balapan.

Bendera Hitam Polos

Bendera hitam polos (Black Flag) biasanya dibarengi dengan nomor rider yang menandakan si rider itu harus keluar karena diskualifikasi. Rider MotoGP harus kembali ke pitstop dan di akhir lap, namun sebelumnya timnya diberitahu akan adanya diskualifikasi karena pelanggaran yang terjadi.

Bendera Hitam dengan Lingkaran Oranye

Bendera ini memberi info kepada rider untuk segera masuk pitstop karena motornya memiliki masalah mesin dan bisa saja membahayakan dirinya sendiri atau rider lain.

Bendera Putih

Bendera putih menunjukkan kepada rider untuk bisa mengganti motor. Biasanya kala kondisi trek basah dan perlu ganti ban menjadi “Wet race” atau sebaliknya ketika trek menjadi kering setelah basah dan memungkinkan kembali “Dry race”.

Bendera Putih Garis Merah Diagonal

Bendera ini menggambarkan kepada pengendara MotoGP untuk berhati – hati pada trek karena kondisinya yang basah karena hujan atau kondisi lainnya.

Bendera Merah Kuning Garis – Garis

Mirip dengan bendera putih garis merah, bendera ini menggambarkan kondisi trek balapan basah atau licin karena oli atau cairan tertentu yang membuat trek berbahaya.

Bendera Papan Catur

Bendera ini cukup populer karena menggambarkan akhir dari balapan atau latihan. Bendera ini harus dikibarkan di akhir lap dan pemenang perlombaan bisa ditentukan ketika ia pertama kali melewati bendera ini.

Kadang ada kejadian lucu dimana rider sudah menganggap akhir lap namun bendera belum berkibar alhasil ia disalip oleh rider di belakangnya dan tidak jadi juara.

Sebenarnya masih banyak serba serbi MotoGP yang cukup menarik untuk dibahas. Namun untuk saat ini cukup arti bendera dahulu yang kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan tentang dunia balap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram