Bitcoin Sebagai Pembayaran Digital

Bitcoin adalah kriptokurensi yang dibuat pada tahun 2009 oleh seseorang tak dikenal dengan nama alias “Satoshi Nakamoto”. Dengan kepopulerannya, bitcoin berkembang secara massive dan dikenal di berbagai negara.

Transaksi menggunakan bitcoin sekarang tak perlu lagi menggunakan perantara bank lokal. Selain itu, pembayaran menggunakan bitcoin adalah rahasia, artinya tidak dapat diketahui siapa pengirim dan penerimanya secara langsung.

Para pengguna bitcoin menyadari bahwa pemakaian bitcoin sebagai pembayaran yang gampang dan murah, terlebih lagi tidak perlu terikat dengan peraturan negara manapun karena bitcoin berlaku secara Internasional. Bitcoin diharapkan dapat menjadi pusat pembayaran kriptokurensi yang bisa digunakan secara umum untuk saat ini.

Salah satu ketenaran bitcoin yaitu kegunaannya untuk trading. Layaknya sebuah saham, bitcoin juga bisa diperjual belikan dengan mudah. Sistem kerjanya bahkan sama persis dengan perdagangan saham pada umumnya, yaitu terjadinya transaksi jual atau beli. Bitcoin juga bisa diinvestasi, dengan maksud membelinya pada harga murah kemudian nantinya dijual saat harganya sudah melonjak tinggi.

Untuk melakukan pertukaran bitcoin, Anda harus mempunyai akun khusus kriptokurensi dan dana Anda akan ditampung pada semacam dompet digital yang disediakan. Dompet digital tersebut bagaikan sebuah bank tempat perantara Anda untuk mengirim ataupun menerima bitcoin.

Keuntungan dari trading dan investasi bitcoin ini adalah dimana pembelinya dapat menggunakan uang dari negara masing-masing untuk membeli bitcoin.

Kemudian mendapatkan keuntungan dari bitcoin dengan adanya transaksi jual beli tersebut dan akhirnya bitcoin tersebut diubah kembali ke dalam bentuk mata uang negara tempat orang tersebut tinggal. Dalam hal ini, para pelaku pasar bitcoin memanfaatkan yang dinamakan capital gain atau selisih harga beli dan harga jual yang signifikan untuk mendapatkan keuntungan.

Selain melakukan trading, pada dasarnya bitcoin bisa Anda dapatkan dengan melakukan Mining Bitcoin. Dimana Anda harus menggunakan sebuah sistem dalam komputer Anda untuk mendapatkan hadiah setelah memecahkan permasalahan dalam enkripsi dari orang lain. Terlepas dari itu semua, bitcoin kini masih dianggap illegal di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram