Mengenal Teknologi Thermal Scanner dan Thermo Gun untuk Mendeteksi Suhu Tubuh

Thermal

Virus corona atau Covid-19 akhir – akhir ini memang sedang mewabah dan menjadi pandemi global. Untuk bisa mencegah tersebarluasnya wabah ini perlu usaha maksimal agar tidak semakin menjangkit masyarakat. Sudah banyak orang tahu bahwa gejala dari penyakit ini adanya suhu tinggi dari para penderitanya, oleh sebab itu ada dua teknologi yang bisa digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh tinggi agar bisa mencegah penularan virus corona. Teknologi tersebut sudah dikenal sebagai thermal scanner dan thermo gun.

Walau fungsinya sama, namun kedua teknologi ini memiliki ciri khasnya masing – masing dan masih banyak orang tidak mengetahui fungsinya. Oleh sebab itu dalam tulisan ini kami akan memberi informasi kepada anda mengenai dua hal tersebut.

Pengertian Thermal Scanner dan Thermo Gun

Thermal scanner adalah sebuah alat yang kompleks berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh seseorang melalui teknologi inframerah. Biasanya alat ini dipasang dalam satu set berupa kamera, pengecek suhu, dan komputer yang diawasi oleh petugas. Dengan thermal scanner proses screening suhu jauh lebih mudah karena tidak perlu satu per satu mengecek suhu tubuh orang yang melintas.

Thermo Gun berbeda dengan thermal scanner karena hanya berupa alat seperti thermometer digital berbentuk pistol. Benda ini memang bisa mengukur suhu tubuh namun harus dicek langsung kepada orang yang dites. Meski begitu teknologi yang dipakai juga menggunakan teknologi inframerah.

Cara Kerja Thermal Scanner dan Thermo Gun

Thermal Scanner

Dengan alat ini setiap orang yang lewat akan mudah diketahui suhunya. Menggunakan teknologi yang tertanam dalam perangkat mikrobolometer, suhu yang terekam dari radiasi inframerah akan terekam dengan cepat.

Nantinya dari radiasi tersebut akan tercipta warna atau angka yang menunjukkan tingkat suhu tubuh. Misalnya warna merah untuk suhu tinggi dan hijau untuk suhu yang lebih rendah.

Mikrobolometer bisa memonitor suhu dengan mudah karena semakin tinggi radiasi inframerah, maka panas tubuh bisa dideteksi di monitor komputer pengawas. Dengan alat ini orang tidak perlu mengetes satu per satu orang yang datang di terminal atau bandara karena jauh lebih cepat prosesnya.

Thermo Gun

Meski menggunakan teknologi yang sama yakni inframerah, thermo gun agak sedikit berbeda karena harus diarahkan kepada orang yang ingin dicek.

Konsep inframerah juga dipakai sehingga orang yang dicek menjadi objek dan pistol ini mengeluarkan sinar inframerah dan dipantulkan kembali ke sensor yang ada menjadi data energi panas dari manusia. Proses ini sebenarnya cukup cepat karena hanya perlu menekan pelatuk pistol dan melepaskannya lalu hasil akan keluar.

Kelebihan dan Kekurangan Thermal Scanner dan Thermo Gun

Meski sama dalam teknologi, nyatanya ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari teknologi ini, antara lain sebagai berikut :

Kelebihan Thermal Scanner

  • Mendeteksi banyak orang dengan cepat
  • Lebih mudah melakukan pengecekan
  • Pengawasan menjadi lebih mudah dengan bantuan komputer

Kekurangan Thermal Scanner

  • Biaya dan alat cukup mahal sehingga hanya dipasang di tempat ramai seperti bandara
  • Peralatan cukup kompleks sehingga susah dibawa kemana – mana

Kelebihan Thermo Gun

  • Bisa dibawa kemana – mana
  • Cocok digunakan untuk pengecekan di jalan raya, rumah, dan kampung
  • Harga relaitf lebih murah

Kekurangan Thermo Gun

  • Sering terjadi kesalahan pengukuran
  • Karena harus dicek secara perorangan, membutuhkan waktu lama apabila jumlah orang yang dicek banyak
  • Perlu banyak petugas untuk mengecek banyak orang sehingga tidak efisien

Dengan dua teknologi di atas, semoga saja pencegahan penyebaran virus corona bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mengurangi dampak virus corona semakin meluas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram