Melihat Profil Platform Mitra Prakerja Selain Ruangguru

Program Kartu Prakerja sudah bergulir dan pada implementasinya mengharuskan peserta untuk melakukan pelatihan di 8 platform digital.

Salah satu yang menjadi sorotan ialah Ruangguru yang dibicarakan banyak orang karena terdapat keterlibatan staf khusus presiden yaitu Adamas Belvara. Hal inipun menimbulkan polemik namun pada akhirnya masalah ini sudah selesai dan tak perlu kita bahas saat ini.

Ruangguru seperti kita tahu adalah aplikasi atau perusahaan yang berfokus pada konten pendidikan dengan menyediakan bimbel daring termasuk menyediakan pelatihan daring untuk prakerja.

Selain Ruangguru Kartu Prakerja sebenarnya memiliki mitra lainnya dan bisa anda pilih untuk menuntaskan kurus di program tersebut. Semuanya sudah kami rangkum dalam poin berikut ini.

Apa Saja Platform Digital Mitra Prakerja Selain Ruangguru? 

  • Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu startup e-commerce asli Indonesia yang sudah ada sejak 17 Agustus 2009 dengan tokoh kunci yaitu Wiliam Tanuwijaya dan Leontinus yang merupakan pendiri.

Perusahaan ini memang memegang banyak prestasi termasuk menyandang status Startup Unicorn dengan Valuasi besar dan pengguna yang banyak.

Meski berupa ecommerce, dalam program prakerja Tokopedia juga menyediakan layanan untuk para peserta. Saat ini layanan prakerja bisa diakses dan pengguna bisa memilih berbagai pilihan kursus dengan harga yang sesuai dan metode pembayaran yang mudah seperti pengguna Tokopedia pada umumnya.

  • Bukalapak

Selain Tokopedia, Bukalapak juga salah satu perusahaan e-commerce yang menjadi mitra Kartu Prakerja. Berdiri sejak 2011 dan terkenal oleh orang seperti Acmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono merupakan perusahaan ecommerce dengan visi yang berfokus pada pemberdayaan UMKM. Saat ini Bukalapak juga merupakan salah satu Startup Unicorn dengan pengguna yang cukup besar.

  • MauBelajarApa

Platform digital ini termasuk mitra resmi prakerja yang berfokus untuk memudahkan pengguna mencari kelas vokasional yang diisi pengajar berkompeten. Sudah ada sejak 2015 layanan ini berfokus menghubungkan pengguna / murid dengan tutor privat. Mirip Ruangguru, kini MauBelajarApa menyediakan kegiatan dapat tersedia untuk siapapun siapa saja.

  • Pintaria

Pintaria adalah perusahaan tergolong baru yang berdiri sejak 2018. Didirikan oleh Novistiar Rustandi dibawah naungan HarukaEDU Perusahaan ini merupakan portal yang menawarkan pendidikan untuk meningkatkan karier peserta. Bisa dibilang Pintaria memberikan pengalaman pembelejaran bagi siapa saja tanpa batasan umur atau bersifat life-long learning platform.

Meski masih baru Pintaria menyajikan program perkuliahan online yang diselenggarakan HarukaEDU bekerjasama degan 10 perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta dan Bandung. Selain itu ada pula kelas pendidikan berupa kursus baik online atau offline.

  • Sekolahmu

Sekolahmu merupakan aplikasi pembelajaran yang unik karena menggabungkan sistem pendidikan konvensional dengan teknologi digital. Sekolahmu menyediakan program belajar berbasis teknologi untuk semua orang dan didirkan belum lama ini pada 25-27 Oktober 2019. Tokoh penting dari perusahaan ini adalah Najelaa Shihab yang tak lain adalah kakak dari Najwa Shihab.

  • Pijar Mahir

Pijar Mahir adalah aplikasi atau platform pembelajaran digital yang merupakan anak usaha dari BUMN Telkom Indonesia. Pijar Mahir merupakan platform digital yang berfokus kepada pelatihan pendidikan vokasi dan profesi yang dijamin bersertifikasi.

Pijar Mahir juga tak jauh nuansa telekomunukasi dimana pelatihan yang tersedia mulai dari teknologi informasi, adminstrasi digital, bahasa, serta ada pula kewirausahaan dan pemasaran. Pijar Mahir juga bekerjasama dengan mitra berkompeten seperti Microsoft Institute, Tempo Insititur, NF Computer, Bahaso, dan G2 Academy.

  • Sisnaker

Mitra prakerja yang satu ini merupakan resmi dari pemerintah dimana berada dibawah naungan Kementrian Ketenagakerjaan. Sisnaker menyediakan 63 pelatihan berbagai bidang yang tersedia untuk para peserta. Sisnaker sendiri juga menjamin pelatihan profesional karena bekerjasama dengan lembaga bersertifikat alias terakreditasi yang sudah bermitra.

Sisnaker menyediakan pelatihan seperti programmer, periklanan, tata kecantikan, dan masih banyak lagi. Sisnaker juga tidak memungut biaya sepeserpun dan apra peserta akan mendapatkan sertifikat digital setelah mengikuti pelatihan.

Bila anda adalah peserta kartu prakerja tak salah jika memilih satu dari beberapa mitra di atas untuk mengikuti kursus yang diinginkan. Pilihlah dengan bijak dan semoga anda sukses dengan pelatihan yang diberikan. Semoga tulisan kami bermanfaat bagi anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram